Selasa, 03 Januari 2017

artapela

Artapela Ngegemesin

Akhirnya pendakian ini jadi juga,walaupun harus berganti waktu,tujuan,anggota team dan sebagainya. Tapi ya ini lah proses nya, dan aku sangat menikmati proses nya, bukan hasil akhir. Dari yang awalnya ke Gunung Gede,Tampomas,dan akhirnya pilihan jatuh ke Artapela,lucu juga kenapa bisa begini,tapi faktor paling utamanya tentu saja cuaca,desember ini cuaca sedang puncak puncaknya musim hujan,butuh persiapan ekstra untuk sebuah pendakian,dimanapun itu gak perduli berapa pendek atau tingginya gunung itu. Ini sebuah prinsip dasar buatku,standar safety first perlu diterapkan dan sudah menjadi harga mati,karena naik gunung  harus pakai otak,bukan modal nekad.Udah banyak kan kejadian yang terkena musibah di atas sana,salah satunya adalah kurangnya persiapan,fisik dan mental juga sangat berpengaruh.
Dari beberapa orang yang ditawarin akhirnya team yang ikut tujuh orang (empat cowo dan tiga cewe) dengan karakter yang berbeda beda tentunya,ada yang tipe Pendiemis Penikmatis tapi jalannya paling cepet (khasanah),tipe  Kacamatais Asikis (Tiara), Pohois Amit Amitis (Widhia), Enjoyis Editoris Adobe Premiereis (Kevin), Tipe pemuja after effect (Angga) dan juga ada yang berkarakter omnivora /pemakan segala(Nevio)ps:kita pun sebenernya takut banget naik gunung ma dia,soalnya kalo gak ada makanan jangan jangan kita nanti yang di santap (becanda:D). Awalnya kepikiran sih kata sebagian orang kalo naik gunung  gak boleh ganjil soalnya nanti di fotonya ada yang “nggenap in”,tapi tenang kan udah ada photoshop :D (I don’t believ e that!!). Semua persiapan udah siap,bagi bagi tugas udah,termasuk belanja ke swalayan buat  “party” di puncak, oya aku adalah tipe orang yang gak suka dengan sugesti orang yang selalu ngeluh kalo naik gunung tuh kelaperan lah,kehausan lah,kedinginan lah,menderita dsb,itu gak ada dalam kamusku,intinya naik hepi turun juga hepi.
Walaupun sudah dengan  dibantu GPS sampai daerah Sukapura kita pun tetep aja nyasar melewatkan papan penunjuk basecamp Artapela,mungkin kita terlalu keasyikan lihat pemandangan kiri kanan yang adem,mungkin juga pemandangan gunung Rakutak yang sebelah kiri langsung membuat kita melamun,baper dan teringat akan pendakian yang membuat kita sedikit panik karena tersesat di tengah hutan,mana hujan besar,becek,gak ada Gojek,sudahlah gais ayo kita move on. Akhirnya setelah berjalan kaki sekitar dua puluh menit an kita sampai di basecampnya nya Artapela,setelah  ngurus SIMAKSI kita pun di briefing bentar sama akang gondrong yang telinga kirinya di tindik,aku hampir spontan mengeluarkan kertas dan spidol karena mengira akang ini adalah Bon Jovi (made in Sukapura tentunyah). Tanpa di bekali peta,map,janur kuning,surabi,spanduk,bendera start dan hanya di iringi dengan doa kita pun memulai pendakian.
Awal pendakian kita melewati jalan kampung gitu,tapi yak elah kita udah disuguhin sama jalan tanah becek    yang airnya tuh udah mirip mirip  bajigur,lima belas menit pertama kita enjoy banget,banyak  bonus landai nya dan view nya keren. Tiga puluh menit selanjutnya mulai deh kita kebingungan,belok kiri atau kanan, lewat atas atau bawah,untungnya masih banyak petani yang bisa kita tanya tanya. Jam sebelas an akhirnya gerimis pun datang, semua perlengkapan di aman kan,paling penting sih kamera tentunya he he he. Di sini lah perjalanan yang melelahkan di mulai,gerimis nya semakin menambah licin perjalanan,bener bener berlumpur,sepatu pun susah di angkat kalo sudah masuk lumpur,kepeleset dan jatuh sudah menjadi  menu perjalanan hari itu. Sekitar jam satu  ditengah hujan,di tengah ladang kita putuskan untuk break di saung pak tani,bikin mie instan dan makan siang tentunya,maklumlah tenaga sudah  lumayan  terkuras juga. Setelah itu perjalanan di lanjutkan,hujan tak juga berhenti,kabut nya semakin tebal,antara ngeri dan sensasi,merasa kayak di dunia yang lain,kebun yang hijau di padukan dengan putihnya kabut,excited,keren banget. Selepas saung pak tani ini gak ada satu papan penunjuk pun puncak artapela dimana,kita bahkan gak nemuin pak tani lagi,mungkin karena hujan kali ya. Tangan yang mulai keriput kedinginan,kabut,gak tau harus kemana,gak ada seorang pun yang bisa di tanya,bener bener deh nih gunung . Alhamdulillahnya kita ketemu dengan ibu ibu yang mungkin mau pulang dari ladang,senengnya ,langsung deh kita intrograsi,”Bu upami ke puncak ka palih mana?,masih jauh?,berapa lama?,kenal Awkarin?,enam puluh pangkat kuadrat dibagi X berapa?unsur besi dalam kimia disimbolkan dengan apa?siapa kah nama asli Syahrini? kenal orang yang namanya Uveweeww Osyenevewwevvv Osas?, tapi sebelum semua pertanyaan itu di jawab,tiba tiba Ibu itu mengeluarkan sesuatu dari balik bajunya,oh tenyata isinya sepanduk,kita pun ramai ramai membacanya,hurufnya arial bold,warna hurufnya pink,kalimatnya “Pendaki Setres”, kita pun menoleh ke tempat ibu tadi berdiri,tapi ternyata beliau telah hilang entah kemana. Kita pun hanya bisa mematung,senyum senyum sendiri,dan melanjutkan perjalanan sambil joget joget PPAP versi dangdut pantura sambil teriak teriak “puncak dimana,puncak dimana”.
Sekitar jam tiga sore ,badan  yang mulai menggigil kedinginan udah mulai ga singkron ama otak,emosi udah mulai naik,ditengah jalan  kita putuskan untuk break lagi di saung di tengah ladang,ternyata menariknya di situ kita ketemu pak tani,syukurlah  akhirnya bisa istirahat sejenak ,bisa ngobrol,nyari informasi puncaknya ada dimana,plus di saung nya ada api unggun nya lagi,lumayan bikin badan sedikit anget. Godaan pun mulai dateng,kepikiran ajah di tengah hujan yang gak berhenti gini,mendingan nge camp di saung ini,tinggal buka sleeping bag,bikin makanan,anget lagi karena udah ada kayu bakarnya,baru deh besok summit ke puncak.Tapi syukurlah kita masih punya tekad “puncak puncak puncak !!”. Terlebih pak tani yang pake hijab (serius lho pak tani nya pake hijab saking dinginnya) itu bilang kalo kita tinggal lurus aja dan kurang lebih sekitaran satu setengah jam an lagi,walaupun kita percaya kalo kita gak mungkin scepat itu paling engga kalimat itu udah bikin kita seneng dan ngasih semangat baru buat  memenuhi rasa penasaran kita tentang puncak artapela yang dari bawah engga keliatan mana puncaknya (bete kan,kayak kita menuju sesuatu,tapi tujuannya gak keliatan,gak jelas,di gantung,di tikung….sama mantan).
Masih dengan suasana dan backsound  “gerimis  mengundang” kita pun melanjutkan perjalanan,setelah itu baru deh akhirnya kita berpapasan dengan pendaki lain yang kayaknya baru turun ngecamp,dan dari situ pula dapat terlihat puncaknya artapela,sepintas terlihat deket tapi lumayan menanjak juga,dan kayaknya ini tanjakan final deh. Bener juga,tanjakan terakhir ini bener bener ngegemesin dan licin nya ngejengkelin,kiri kanan cuma tanah dan ladang alias ga ada sesuatu yang bisa kita pegang kalo kita kepleset .akhirnya setelah dua setengah jam perjalanan,kira kira jam setengah enam sore kita pun sampai puncak,hamparan rerumputan hijau terbentang luas. Tapi kita udah gak terlalu nikmatin, saat itu kita udah bener bener basah kedinginan (menggigil malah), cepet cepet dirikan tenda (alhasil tendanya sangat tidak proposional)karena kita udah males banget,yang penting cepet cepet bisa masuk dan  bikin makanan,yang paling di inget sore itu cuma kabut tebal,hujan deras,dan angin nya yangt kencang.
Praktis semaleman gak ada aktifitas di luar yang bisa kita lakukan,paling cuma wudhu dan buang air kecil,selebihnya kita cuma bisa masak masak dalem tenda dan menggigil kedinginan (alhamdulillah nya semua team sehat dan gak ada yang kena hipothermia),oya karena kita mendirikan tenda di lapang terbuka otomatis terpaan angin pun semakin kencang,agak khawatir juga sih liat tenda yang bergoyang goyang saking gede anginnya,tapi syukurlah pasak nya cukup bisa menahan. Sebenarnya ada opsi lain buat mendirikan tenda agak sedikit ke pinggiran hutan,disana lumayan masih ada pepohonan yang bisa menahan hujan dan angin,tapi ternyata di sana ternyata sudah ada banyak orang (sekitar dua puluhan orang),mereka pun bahkan gak sempet mendirikan tenda,hanya bikin semacam bivak sementara pake plastik terpal yang di gantung di atas pohon dan mereka berkumpul di satu spot (gak kebayang deh,kayaknya lebih menderita).Walaupun  tendanya bocor tapi kita sepakat malem itu minimal kita gak terlalu kedinginan dan bersyukur  masih bisa bikin makanan enak di dalem tenda,sumpah disini dingin banget,hujan pun reda sekitar jam tiga pagi, dan menghabiskan waktu lima belas jam di terpa hujan tuh bener bener gak enak,gak enak banget.Ya basah,ya dingin,apalagi cuaca dingin tuh selalu bikin kita kelaperan,maka gak heran acara nya semaleman itu ya bikin makan dan minuman anget,dan kita pun sepakat team hari ini kita nama kan team Salatri.
Selepas shubuh pun biasanya kita langsung excited buat nungguin sunrise ,tapi engga buat hari itu,baru keluar tenda aja dinginnya udah bikin kita teriak teriak. Baru sekitar jam delapan an kita maksain untuk keluar bikin makanan,foto foto dsb (btw baterai camera yang udah di charge full pun langsung drop,dingin banget ni gunung). Setelah sarapan dan ngambil beberapa view photo  kita pun packing dan siap turun. Perjalanan turun pun sama aja dengan waktu nanjak,licin nya itu yang nyebelin. Di target kan jam sebelas nyampe di basecamp ternyata kita baru nyampe jam satu an. Oya sebelum pulang kita sempetin dulu buat ngeksplore pemandian Cibolang di Pangalengan, sebenernya tempatnya sih lumayan asik,apalagi sepanjang perjalanan ke sana kita bisa ngeliat kebun teh dan juga pabrik/bangunan  tempo dulu,recommended banget buat kamu yang suka motret gedung gedung heritage,yang disayangkan adalah aksesnya,jalan nya berlubang kiri kanan ini yang mungkin membuat banyak orang males buat datang ke sini. Dengan harga sepuluh ribu kita udah bisa berendam di Cibolang (jangan bandingin dengan ciater atau pemandian di garut ya kebersihannya),tapi lumayanlah,apalagi setelah pegal pegal habis nanjak terus masuk kolam anget,jangan ditanya gimana rasanya,nyaman banget,kayak dipijit,nikmat sumpah.
Well dari tulisan di atas,ini kesimpulannya:
1. Kalo dari Bandung rutenya bisa lewat Banjaran-Ciparay-Pacet,kalo sudah masuk desa Sukapura pelan pelan ,di dekat madrasah Nurul Huda katanya ada papan penunjuk jalan.Oya kalo dari arah Bandung kalo week day harus pinter pinter nyari waktu pemberangkatan sebab kalo pagi pagi kita bakalan ngelawan arus orang orang yang berangkat kerja,pastilah macet,apalagi di beberapa spot ada jalan yang berlubang dan banyak pabrik yang berdiri.
2. Katanya untuk menuju ke puncak kita bisa melewati jalur seven field (tujuh kebun) dan jalur jamuju (yang katanya lebih landai),kita sih masih penasaran dengan jalur jamuju,tapi sepanjang perjalanan kita jarang banget liat papan penunjuk jalan.
3. Jadi sepanjang perjalanan kita memang disuguhi oleh pemandangan kebun kebun warga (bawang daun,kentang,wotel dll),dan ternyata mereka tuh bercocok tanam sampai mendekati puncak Artapela nya (bahkan ada yang maksain buka lahan)padahal kalo baca di beberapa keterangan Artapela masuk ke dalam wilayah PTPN Perkebunan Nusantara tapi sebagian petani bilang bahwa itu perkebunan rakyat,ironis.
4.Katanya sih ada danau Aul,tapi pas di basecamp kita diberi wejangan katanya kalo mau kesana harus dibawah jam dua belas siang,gak tau juga kenapa,mungkin selepas jam dua belas danaunya udah  berubah jadi bioskop atau mini market kali ya he he he,tapi jujur aja danau itu bikin penasaran.
5. Di musim hujan dengan karakter tanah yang empuk empuk berlumpur berwarna coklat,gunung ini bisa jadi wahana perosotan waterboom atau lumpurboarding bagi para penghobi  seluncuran.
6. Walaupun katanya ada sumber mata air di deket puncak,tapi dari pada gak ketemu mendingan prepare air dari bawah aja.
7. Ketika lewatin perkebunan  banyak banget lalatnya (kayak nya bawaan dari pupuk kimia yang di bawa petani deh) ini yang membuat kondisinya sedikit risih dan agak kurang nyaman,mendingan pake sesuatu dulu sebelum nanjak (minyak wangi,minyak cem-cem,lotion,lem anti lalat,bawa raket nyamuk juga dll).
8.Gunung ini keren banget,dipuncaknya keren abis,kita bisa liat gunung gunung di Garut dari puncaknya, nilai tambahnya adalah adanya lembah di samping tempat kita nge camp yang semakin menambah gunung ini beda dari yang lain,nice place,happy trip,great picture dan salam lestari.
Ps: Artapela ngegemesin dan juga ngangenin.